Modal Sosial Pedagang di Pasar Bintan Center Kota Tanjungpinang

Modal Sosial Pedagang di Pasar Bintan Center Kota Tanjungpinang
Nanik Rahmawati, S.Sos, M.Si
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Indonesia
Nanik Rahmawati, S.Sos, M.Si
, ,

Abstrak

Modal sosial merupakan jaringan yang memiliki nilai. Terdapat kontak sosial yang mempengaruhi produktifitas individu dan kelompok. Hubungan antar individu dengan adanya resiprositas dan kepercayaan tumbuh dari hubungan-hubungan tersebut. Modal sosial mendorong partisipan untuk bertindak bersama secara lebih efektif untuk mencapai tujuan-tujuan bersama. Telah terjadinya suatu kepercayaan yang melekat dalam kehidupan sehari-hari para pedagang dalam menjalankan aktifitas berdagang mereka. Kepercayaan yang di miliki untuk mempererat kembali kelompok mereka, membuat rasa saling membutuhkan satu dengan yang lainnya sehingga menimbulkan rasa hubungan keluarga, saling membutuhkan, saling membantu, guna mencapai tujuan bersama dan bersama-sama bisa mendapatkan keuntungan, meski tidak hanya keuntungan yang berupa materi namun juga keuntungan immateri. Hubungan timbal balik yang tercipta melalui jaringan yang mereka ciptakan tidak hanya terjadi antara sesama pedagang yang se-suku atau sesama etnis, atau yang sesama jenis dagangannya saja, namun hubungan timbal balik diantara pedagang menembus batas kesukuan dan barang dagangannya. Hubungan timbal balik yang pada akhirnya membawa keuntungan secara materi berupa keuntungan penjualan, maupun keuntungan immateri seperti hubungan dengan sesama penjual menjadi lebih akrab, lebih dekat, layaknya hubungan persaudaraan antara sesama manusia.